Pemerintah Daerah Kabupaten Buol melalui Dinas Perindagkop menggelar operasi pasar menjelang bulan suci Ramadhan di halaman kantor Kelurahan Leok II, Kecamatan Biau,

MATASMS, COM. BUOL. Turut hadir dalam kegiatan operasi pasar yaitu Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Buol, Dra. Ikhlasiani Tonggil, MAP., Lurah Kelurahan Leok II Erwin Mangge, SH, beserta jajarannya, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop Nurbaya Abdul Kadir, SE dan masyarakat Kelurahan Leok II. Buol/4/maret/2024

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perindagkop Dra. Ikhlasiani Tonggil, MAP., mengatakan ketersediaan beras saat ini berjumlah 1.5 ton, minyak goreng 700 kg, dan gula pasir 700 kg dengan harga paket masing-masing Rp 150 ribu, Rp 15,000, dan Rp 14,000.

Fokus tahap pertama adalah memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau, sementara tahap kedua kembali mengadakan pasar murah untuk mendukung persiapan Idul Fitri.

Kadis Perindagkop menegaskan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Buol untuk menjaga stabilitas harga dan memberikan akses terhadap produk pokok secara merata, sebagai upaya konkret mendukung kesejahteraan masyarakat.

Lebih jelas, penggunaan Anggaran APBD tersebut disubsidi untuk operasi pasar di Kecamatan, berdasarkan komoditas satu paket, mencapai total Rp. 75,678,400.

Tujuan Kegiatan :

a) Menekan laju inflasi, mengendalikan harga, dan stok barang kebutuhan pokok di Kabupaten Buol. Anggaran berasal dari APBD Kabupaten Buol Tahun 2024.

b) Operasi pasar menjelang Ramadhan akan dilaksanakan di beberapa titik di wilayah Kecamatan Biau, Gadung, Bunobogu, Bokat, dan berakhir di Kelurahan Kulango di Kecamatan Biau.

c) Operasi pasar Kab. Buol akan dilaksanakan dalam dua tahapan, menjelang Ramadhan dan 10 hari menjelang Idul Fitri tahun 2024, dengan total anggaran Rp. 75,678,400. Tahap awal direncanakan hingga tanggal 8 Maret 2024.

“Pemerintah berharap menjalankan pasar murah sebanyak-banyaknya, terbagi dalam dua tahap, menjelang Ramadan dan 10 hari menjelang Idul Fitri.” tutup Kadis Perindagkop Dra. Iklasiani Tonggil, MAP.

Pada tanggal 4 Maret 2024, pukul 09.00 Wita, Halaman Kantor Kelurahan Leok II, Jln. Syarif Mansyur Kec. Biau Kab Buol menjadi saksi berlangsungnya Operasi Pasar Menjelang Ramadhan tahun 2024 yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Buol melalui Dinas Perindagkop.

Peserta Kegiatan:

Dra Ikhlasiani Tonggil, MAP (Kadis Perindagkop Kab. Buol)
Erwin Mangge, SH (Lurah Leok II)
Nurbaya Abdul Kadir, SE (Kabid Perdagangan)

Para staf Dinas Perindagkop dan Kelurahan Leok II.

Pernyataan Dra Ikhlasiani Tonggil, MAP: a) Dalam operasi pasar di Kel. Leok II, Kab.Buol, Dra Ikhlasiani Tonggil melaporkan ketersediaan beras 1.5 ton, minyak goreng 700 kg, dan gula pasir 700 kg dengan harga paket masing-masing 150 ribu, 15,000, dan 14,000.

b) Pemerintah berharap menjalankan pasar murah sebanyak-banyaknya, terbagi dalam dua tahap, menjelang Ramadan dan 10 hari menjelang Idul Fitri.

c) Fokus tahap pertama adalah memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau, sementara tahap kedua kembali mengadakan pasar murah untuk mendukung persiapan Idul Fitri.

d) Pihaknya menegaskan komitmen pemerintah Kab. Buol untuk menjaga stabilitas harga dan memberikan akses terhadap produk pokok secara merata, sebagai upaya konkret mendukung kesejahteraan masyarakat.

e) Anggaran APBD yang disubsidi untuk operasi pasar di Kecamatan, berdasarkan komoditas satu paket, mencapai total Rp. 75,678,400.

Tujuan Kegiatan: a) Menekan laju inflasi, mengendalikan harga, dan stok barang kebutuhan pokok di Kabupaten Buol. Anggaran berasal dari APBD Kabupaten Buol Tahun 2024.

b) Operasi pasar menjelang Ramadhan akan dilaksanakan di beberapa titik di wilayah Kecamatan Biau, Gadung, Bunobogu, Bokat, dan berakhir di Kelurahan Kulango di Kecamatan Biau.

c) Operasi pasar Kab. Buol akan dilaksanakan dalam dua tahapan, menjelang Ramadhan dan 10 hari menjelang Idul Fitri tahun 2024, dengan total anggaran Rp. 75,678,400. Tahap awal direncanakan hingga tanggal 8 Maret 2024.

Pos terkait