Partai Ummat: Sejarah, Visi Misi dan Filosofi LogoOleh: HusniCaleg DPRD Kab Buol Dapil 3 Urut 9

Assalamu Alaikum warahmatullahi waa barakatu, Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian, Namo Budaya Salam Kebajikan

MATA SMS, COM. Partai Ummat merupakan salah satu partai yang lolos dalam peserta Pemilu Tahun 2024. Sebelumnya, partai politik Ummat awalnya dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam verifikasi faktual, tetapi kemudian KPU memutuskan bahwa partai tersebut lolos setelah peninjauan ulang.

Lalu bagaimana Sejarah partai Ummat? serta visi misi dan filosofi logonya. Simak penjelasannya di bawah ini !

Sejarah Partai Ummat
Pada tanggal 6 April 2022, Partai Ummat didirikan oleh Prof. H. Muhammad Amien Rais, M.A., Ph.D., setelah terjadi perpecahan di Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin sebelumnya oleh Amien Rais. Perpecahan ini berawal dari Kongres V PAN pada Februari 2020, di mana Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN. Amien Rais, yang mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon Ketua Umum PAN, tidak setuju dengan keputusan Zulkifli untuk berkoalisi dengan pemerintah. Akibat perbedaan pandangan ini, Amien dan anaknya, Hanafi Rais, kemudian keluar dari PAN.

Partai Ummat memiliki landasan ideologis yang berakar pada Islam Rahmatan Lil Alamin. Partai ini mengutamakan kaderisasi yang terbuka dan mandiri, serta berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai Al-Quran dan As-Sunnah dalam upaya menegakkan keadilan dan melawan kezaliman.

Sebagai pendiri Partai Ummat, Prof. H. Muhammad Amien Rais, M.A., Ph.D., adalah seorang tokoh Muhammadiyah yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia pada masa Reformasi. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sebelumnya.

Partai Ummat secara resmi didirikan pada tanggal 24 April 2021 dan mendapatkan legalitas pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2021.

Visi Misi Partai Ummat

Visi
Terwujudnya Indonesia sebagai negeri Baldatun Tayyibatun Wa Rabbun Ghafur dengan menegakkan nilai-nilai Ilahiah, Ukhuwah (Persaudaraan Ummat), Hurriyah (Kebebasan), Musawah (Kesamaan), dan ‘Adaalah (Keadilan) dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Misi
Mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia diatas prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa.
Mewujudkan kehidupan kebangsaan yang dirahmati Allah, yang memegang teguh nilai-nilai Ilahiah dengan tetap menjaga nilai luhur budaya bangsa serta mengembangkan semangat perdamaian, toleransi, saling menghormati, dan bekerja sama.
Mewujudkan kekuasaan pemerintahan yang adil, amanah, dan bertanggung jawab secara konstitusional melalui pemilihan umum yang jujur, adil , langsung, umum, bebas, dan rahasia.
Mewujudkan pemerintahan yang Amanah, kuat dan berwibawa, bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta menegakkan transparasi, akuntabilitas, maslahat umum, dan sistem meritokrasi.
Mewujudkan sistem ekonomi Indonesia yang makmur, dan berkeadilan berdasarkan Pancasila sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia 1945.
Mewujudkan kedaulatan pangan, energi dan air.
Menegakkan hukum yang adil tanpa diskriminasi melalui aparat dan institusi hukum yang bersih, mandiri, dan professional.
Mewujudkan kebebasan pers yang bertanggungjawab yang dilandasi oleh hukum dan etika moral, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang benar, objektif, transparan, dan bertanggungjawab.
Mewujudkan kualitas pendidikan yang holistik, penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia, khususnya generasi muda milenial yang memiliki kesadaran Ilahiah, berakhlak mulia, professional, dan memiliki jiwa nasionalisme Indonesia.
Memperjuangkan peningkatan kesejahteraan perempuan melalui perlindungan, pemberdayaan, dan optimalisasi perannya untuk kemaslahatan ummat.
Memperjuangkan peningkatan kesejahteraan dan jaminan atas hak-hak tenaga kerja, petani, dan nelayan.
Menciptakan tatanan kehidupan sosial yang saling menghormati serta mengembangkan daya cipta, rasa, dan karsa yang unggul serta mengedepankan kearifan lokal sebagai kekayaan budaya nasional.
Meningkatkan perlindungan dan jaminan atas pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja bagi seluruh rakyat.

Filosofi Logo Partai Ummat

Logo Partai Ummat terdiri dari perisai tauhid dengan lengkungan emas, bintang emas di tengah, dan nama partai di bawahnya.
Simbol perisai menggambarkan perlindungan holistik dan keadilan,
Sedangkan bintang melambangkan identitas religius.
Warna hitam melambangkan ketegasan dan ketabahan.
Garis tebal melambangkan siklus kehidupan.
Warna emas dan kuning melambangkan keagungan, kemuliaan, dan kesejahteraan masa depan Indonesia.

H kapry

Pos terkait