Kapolsek Liang Inisiasi Pengumpulan Donasi Bagi Masyarakat Kurang Mampu Saat Upacara Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Ke-78

MATASMS, COM. BANGKEP. Sebagai abdi negara juga abdi masyarakat, seorang anggota Kepolisian juga di tuntut menjadi motor penggerak disetiap sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, termasuk juga terkait kepedulian terhadap kemanusiaan.

Kapolres Bangkep AKBP Jimmy Marthin Simanjuntak, S.I.K melalui Kapolsek Liang IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, S.H, menyampaikan pada media ini bahwa kepedulian dan rasa empati kepada kemanusiaan harus terus di gaungkan dan di gelorakan oleh setiap orang apalagi sebagai seorang anggota Kepolisian, telah menjadi salah satu tugas Pokok Polri yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat termasuk warga masyarakat yang kurang mampu dan lansia, hal ini terlihat dimana pada saat selesai pelaksanaan kegiatan Upacara Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78 Tahun 2023 tingkat Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan yang di pusatkan di halaman SMA Negeri 1 Peling Tengah Desa Patukuki Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan dilaksanakan Pengumpulan Donasi dari peserta upacara dan tamu undangan lainya untuk dibelikan Sembako terhadap masyarakat kurang mampu dan lansia, yang mana kegiatan tersebut di inisiasi oleh Kapolsek Liang dan juga ide tersebut disampaikan kepada Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Upacara sekaligus Kepala Sekolah SMAN 1 Peling Tengah yakni Budin Batampa, S.Pd, M.Pd dan langsung disetujui, yang mana setelah pelaksanaan upacara selesai, Kapolsek Liang langsung menyampaikan seruan dan ajakan untuk berdonasi secara sukarela lalu dilanjutkan dengan pengumpulan donasi untuk kemanusiaan (25 / 11 / 2023).

Kemarin kegiatan Upacara Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78 Tahun 2023 di Kecamatan Peling Tengah berbeda dengan Upacara yang serupa yang dilaksanakan di tempat lain, hal ini dikarenakan pelaksanaanya bukan hanya bersifat seremonial saja, namun juga menampilkan karya seni, kreativitas, kreasi, adat, budaya, tari-tarian dari para siswa dan guru serta Kapolsek Liang juga turut menarikan tarian balatindak untuk menghibur peserta upacara selain itu juga ada kegiatan spesial berupa Baksos yang mengandung maksud adanya keberpihakan kepada masyarakat yang kurang mampu melalui Donasi sukarela oleh seluruh peserta upacara, mahasiswa UNTAD Palu dan tamu undangan lainnya, kegiatan Pengumpulan Donasi ini merupakan bentuk rasa kepedulian dan empati kepada sesama anak bangsa, ujar Kapolsek yang merupakan Lokal Boy tersebut.

Kapolsek menambahkan bahwa sumbangan donasi tersebut bersifat sukarela tanpa ada paksaan mulai dengan kelipatan Rp. 2.000 (Dua Ribu Rupiah), dan Syukur Alhamdulillah keseluruhan hasil sumbangan donasi tersebut dapat kami belikan 1 karung beras, setengah karung gula pasir dan ratusan butir telur dan penyaluran Baksos tersebut setelah seluruh rangkaian acara selesai oleh Kapolsek Liang, Ketua PGRI Kecamatan Peling Tengah Bapak Wijaya S.Pd, Ketua Panitia Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Ke-78 Kecamatan Peling sekaligus Kepala Sekolah SMA N 1 Peling Tengah Bapak Budin Batampa, S.Pd. M.Pd, sekretaris pelaksana kegiatan upacara Harlin H. Nggasong dan personil Polsek Liang, Baksos penyaluran paket sembako di bagikan kepada tiga puluh dua (32) masyarakat penerima manfaat di Desa Patukuki Kecamatan Peling Tengah.

Selamat Hari Guru Nasional dan Dirgahayu HUT PGRI Ke-78, semoga kolaborasi antara para guru dengan Kepolisian akan terus terpelihara guna keberlanjutan dan pengembangan pendidikan serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PGRI, IDI, para guru, mahasiswa UNTAD Palu, Para Siswa dan tamu undangan yang telah ikut berpartisipasi membantu untuk menggalang dana donasi sehingga dapat di rasakan oleh saudara-saudara kita yang memang membutuhkan kita semua, dan melalui kesempatan ini kami juga mengajak serta menghimbau agar kita semua selalu peduli dengan sesama kita, dengan terus berpegang dalam semangat Montolutusan. Teruslah menjadi baik dan berbuat baik karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya, dan dengan Kebaikanmu niscaya akan menolongmu serta mendatangkan kebahagiaan, tutup Kapolsek.

MB

Pos terkait