TNI-Polri dan PT. EDJ Tanam Ratusan Bibit Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Minangandala Masama

MATASMS, COM. BANGGAI. Sebagai bentuk sinergitas dan kepedulian terhadap lingkungan dan aparat TNI-Polri bersama Unsur Forkopimcam dan PT. Empros Dharma Jaya melakukan penanaman ratusan bibit pohon mangrove, Sabtu (4/11/2023).

Kapolsek Lamala AKP Muh. Zulfikar, SH mengatakan, penanaman ratusan bibit pohon mangrove di pesisir pantai Desa Minangandala, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai ini sebagai upaya mengurangi potensi abrasi.

โ€œBibit mangrove yang ditanam ini sebanyak 200 pohon,โ€ ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa mangrove sangat penting karena merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

โ€œDan manfaat penanaman mangrove ini sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam,โ€ jelasnnya.

Dirinya pun berharap masyarakat tidak merusak dan dapat bersama-sama melestarikan hutan mangrove.

โ€œMelalui kegiatan ini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove,โ€ harapnya.

Hadir dalam penanaman ini yakni, Camat Masama, Danramil 1308/06 Lamala, Kapolsek Lamala AKP Muh. Zulfikar, Kasubsektor Masama IPTU Lukman, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Masama, Kades Minangandala, dan sejumlah perwakilan PT. EDJ.

MB

Pos terkait