Panitia Pekan Budaya Kab Buol Tidak Libatkan Wartawan Dalam Peliputan “Boikot Pemberitaan

Matasms.com Buol. – Kegiatan Pesta Daerah saat akan memperingati HUTDA Kabupaten Buol ke-24 tanggal 12 Oktober 2023, Dinas Pemuda dan Olahraga selaku Panitia pelaksanaan Pekan Budaya Ke-X tidak melibatkan wartawan dalam hal peliputan dan publikasi.

Sebagai pilar ke-4 dalam demokrasi Indonesia yang seharunya wajib melibatkan wartawan agar segala kegiatan pekan budaya bisa terekspos dan di ketahui oleh masyarakat di luar kabupaten maka sangat pentingnya keterlibatan wartawan dalam kegiatan-kegiatan daerah.

Wartawan memiliki peranan yang sangat penting dalam mensukseskan program pembangunan bangsa. Diantaranya dengan menyampaikan informasi secara benar kepada masyarakat, obyektif dan berimbang dengan selalu berpedoman kepada undang-undang yang berlaku dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Tapi sayangnya pers yang ada di buol tidak di libatkan oleh penitia dalam kegiatan Festival Pesona Buol ke-10 yang dilaksanakan di anjungan Leok 1 kecamatan biau, kegiatan FPB adalah bagian dari Kegiatan HUTDA Kab Buol yang jatu padavtanggal 12 Oktober 2023, dalam kegiatan FPB beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain pentas seni budaya, lomba, tarik tambang, lomba lari karung dan lomba hadang semuanya adalah bagian dari penyambutan HUTDA Kab Buol yang mana anggaran begitu besar tapi dalam publikasi kegiatan tersebut pers buol tidak dilibatkan.

Media mencoba konfirmasi ke PJ Bupati Buol M. Muchlis melalui Via WhatsApp mengatakan bahwa beliau belum tahu soal tidak di libatkan ya media dalam peliputan kegiatan FPB.

“Minta maaf saya tidak tahu kalo media tdk dilibatkan dalam publikasi kegiatan FPB oleh panitia pelaksana, nanti saya akan tanyakan ke panpelnya” tulis M Muchlis.

Tambah M. Muchlis ” wahh pelanggaran panitia kalo begitu, sebentar saya akan tanyakan masalah ini ke ketua panitia”

Berdasarkan konfirmasi media dengan ketua panitia DR. Tonang Malonggi mengatakan bahwa kegiatan FPB adalah kegiatan Pemda pada umumnya dan teknisnya ada di Kominfo, silahkan tanya ke Kominfo.

“Inilah yg perlu dipahami bersama untuk di ubah paradigma kita saya kira kalo teman media meliputnya sesuai dengan semangat 5 W 1 H tanpa harus dulu bicara MOU saya kira akan terjadi sinergi yg baik.. krna secara teknis pemda ada kominfo dan kami tdk bisa mengambil alih tugas dan fungsinya” tulis Tonang saat media menghubungi melalui via WhatsApp Rabu (11/10/23).

Seharusnya ketua panitia harus berbuka diri soal hal ini akan tetapi pers di buol di pandang sebelah mata. Maka secara tegas kami dari media boikot pemberitaan tentang kegiatan Festival Pesona Buol Tahun 2023.

Hary kapry

Pos terkait