Badan Kesbangpol Se- Indonesia Gelar Deklarasi dan Penandatanganan Naskah Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

MataSMS.com.-Luwuk. Badan Kesbangpol Se- Indonesia Gelar Deklarasi dan Penandatanganan Naskah Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 bertempat di Pantai Kilo 5 Luwuk.

Setelah melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional bersama Dirjen Polpum Kemendagri RI kemarin, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik se Indonesia menggelar deklarasi dan penandatanganan naskah Pemilu dan Pemilihan serentak 2024.

Pada pukul 06.00 pagi untuk mengawali pertemuan besar tersebut, Badan Kesbangpol yang terdiri dari Kesbangpol Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia melakukan senam sehat bersama yang di laksanakan di area Ruang Terbuka Hijau Pantai Kilo Lima, Kecamatan Luwuk Selatan, Sabtu (17/09/22).

Tak hanya Kesbangpol seluruh Indonesia, Bupati Banggai yang di wakili Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqan udin Masulili, Unsur Forkopimda, Sekab Banggai, Jajaran Kementerian Dalam Negeri RI, Jajaran Deputi Bawaslu, Jajaran Deputi KPU RI, Kepala OPD, BUMN/BUMD, Bupati dan Wakil Bupati Se Sulawesi Tengah, Pihak Hotel, Pengurus Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Camat dan Lurah Kabupaten Banggai ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan.

Usai melaksanakan penandatangan naskah deklarasi bersama, Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanudin Masulili menyampaikan, dari pengamatan di lapangan tentang data, akhir-akhir ini adanya kecendrungan partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu semakin rendah, dikarenakan data yang tidak akurat dan gencarnya kampanye golput yang teroganisir sehingga mempengaruhi masyarakat.

“Pentingnya pemuktakhiran data ini, karena data pemilih berkelanjutan, bertujuan untuk memperbaharui data sehingga pelaksanaan tahapan Pemilu secara serentak di 2024 sukse, ” Imbuhnya.

Selanjutnya Wabup Furqan menjelaskan, Kami Pemerintah Kabupaten Banggai mendukung sepenuhnya jalannya Pemilu nanti, dan saat ini Pemerintah Daerah telah memfasilitasi pembentukan narahubung disetiap kecamatan di Kabupaten Banggai.

” Hal ini tentu saja untuk membantu tugas-tugas KPU Kabupaten Banggai dalam memuktahirkan data pemilih, narahubung nantinya akan memberikan informasi terkait keadaan terkini data kependudukan di Wilayah Kecamatan masing-masing, dan dapat menetapkan daftar pemilih berkelanjutan di setiap bulan berjalan, “ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Dukungan Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mohamad Eberta Kawima pada kesempatannya mengatakan, Kami KPU RI sudah tentu tidak bisa bekerja sendiri, kami butuh dukungan serta kerjasama berbagai pihak dalam hal mensukseskan jalannya Pemilu Serentak di tahun 2024 nanti. Sebagai tahapan awalnya kami KPU RI telah melakukan persiapan.

“Kami KPU RI sudah melakukan persiapan dimulai dari Lounching tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Juni tahun 2022, dan berlanjut nanti selesai Pemilu nanti 2024 dilaksanakan, setelah melewati proses pemungutan suara, kita juga akan melaksanakan rekapitulasi sampai ke tingkat pusat di bulan Maret, “ungkapnya.

Tak hanya itu kata Muhamad, kami kedepan juga akan melayani sejumlah peserta Pemilu yang menyampaikan gugatan ataupun sengketa hasilnya ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan di bulan Juni kita sudah mengumumkan dan menetapkan hasil Pemilihan dari Legislatif dan Capres serta Cawapres terpilih.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Wakil Bupati Banggai bersama dengan Anggota Legislatif dan sejumlah Parpol membacakan pernyataan sikap dan pengucapan ikrar untuk mensukseskan jalannya Pemilu serentak nanti. (*sms01)

Pos terkait