Hutan Kota Palu tak ramah Perempuan, AMSI Sulteng minta aparat turun tangan

MATASMS,COM. PALU – Aksi pelecehan seksual berupa aksi pembegalan payudara terhadap jurnalis Kompas TV Palu di Hutan Kota Palu Selasa (13/6/2023) mendapat sorotan dari Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Tengah.

AMSI Sulteng menilai Hutan Kota Palu sudah tidak ramah terhadap perempuan sehingga perlu penanganan aparat khususnya di kawasan-kawasan yang menjadi fasilitas umum.

โ€œKejadian yang menimpa jurnalis Kompas TV Palu menggambarkan Kota Palu mulai tidak ramah terhadap perempuan, ini terbukti kejadiannya pada siang hari dan dilakukan di tempat terbuka,โ€ kata Ketua AMSI Sulteng, Muhammad Iqbal, Rabu (13/6/2023).

Menurut Iqbal, aparat keamanan harus segera turun tangan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat terutama di kawasan fasilitas umum.

Dia juga mendesak Pemerintah Kota Palu tidak hanya menyiapkan tempat-tempat umum tapi juga harus dibarengi dengan penempatan aparat keamanan baik itu Satpol PP maupun polisi.

โ€œBisa jadi selain rekan kami jurnalis Kompas TV, banyak masyarakat terutama perempuan yang sudah menjadi korban pelecehan namun tidak terekspos. Makanya penempatan aparat keamanan di fasilitas-fasilitas umum terutama di kawasan wisata sangat penting untuk menjamin rasa aman,โ€ tutup Iqbal.

Seorang jurnalis yang hendak meliput supervisi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) di Polda Sulawesi Tengah menjadi korban begal payudara di taman Hutan Kota Palu Selasa sore (13/6/2023).

Menurut korban inisial N kejadian ini terjadi sore hari ketika dirinya naik motor melewati Hutan Kota Palu menuju ke Mapolda Sulteng.

Saat itu, dirinya akan menghadiri undangan peliputan supervisi Kompolnas di Mapolda Sulteng.

M Basri

Pos terkait