Kapolres Banggai Hadiri Penanaman Ribuan Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Batui

Matasms,com. Banggai. Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani SH, SIK, MM, menghadiri penanaman ribuam bibit pohon mangrove di pesisir Pantai Makakata, Kelurahan Sisipan, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

Hadir dalam kegiatan ini yakni, Dandim 1308/LB Letkol Hermanto, Kajari Banggai, Ketua PN, Kadis Lingkungan Hidup, FM Donggi Matindok, Camat Batui, Danramil, kapolsek Toili, Wakapolsek Batui, Danki Brimob Luwuk, Danpos AL, perwakilan DS LNG, Ketua GAM Luwuk, TNI-Polri, para toko dan Pramuka SMA 1 Batui

Penanaman bibit mangrove sebanyak 1.000 pohon ini dilakukan dalam rangka puncak penanaman Mangrove Nasional Serentak di seluruh indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksankan dengan cara virtual secara serentak dilaksanakan di seluruh indonesia. Penanaman secara simbolis oleh unsur Forkopimda.

Penanaman mangrove seluas 2 hectare ini dilakulan dengan cara tanam sisip ini diselenggarakan oleh Kodim 1308/LB denhan luas hutan 9 hectare.

Kapolres Banggai melalui Kasi Humas Polres Banggai Iptu Al Amin S. Muda mengatakan, penanaman sebagai bentuk kepedulian lingkungan serta antisipasi abrasi gelombang pasang laut.

“Penanaman bibit ini upaya mengimplementasikan secara berkesinambungan komitmen Indonesia dalam mewujudkan lingkungan hidup yang hijau dan ekosistem alam yang seimbang,” kata Amin.

Selain itu, Amin menambahkan, mangrove tak hanya sebagai benteng penahan abrasi namun juga dapat menjadi rumah tinggal bagi berbagai biota laut dan burung.

“Kami harap masyarakat dapat merawat hutan bakau dan tidak melakukan penebangan liar,” imbaunya.

M Basri

Pos terkait