APA ADA PIHAK KETIGA YANG SENGAJA MENGACAUKAN PESTA DEMOKRASI DI PILKADA BANGGAI 2024 …?

mataSMS.com_Banggai . Terjadinya Insiden Kekacauan di Agenda KPU dalam kegiatan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Banggai di Pilkada 2024. Senin_(23/09/2024).

Sangat disayangkan agenda sakral tersebut ternodai dengan adanya sedikit keributan, disaat berjalannya Sambutan Pertama Nomor urut 1 Bapak Amirudin Tamoreka bersama Furqanudin Masulili.

Kepada salah satu Warga Masyarakat yang tidak bersedia disebutkan namanya saat ditanya jurnalis kami dilapangan dengan menanyakan kepada bapak tersebut, apa sebenarnya yang terjadi dan apa yang bapak ketahui sebelum terjadinya insiden kekacauan tersebut, beliau mengatakan bahwa โ€œdisaat sambutan Paslon Nomor Urut 1 (Satu) berjalan, tiba-tiba kami keget mendengar beberapa kali teriakan-teriakan yang menggunakan ungkapan-ungkapan bahasa tidak etis seperti mencela, kecewa sambil marah-marah dengan suara yang sengaja dibesarkan seperti orang berteriak kesurupan, beberapa orang tersebut tersebar disekitaran posisi kami berdiri diluar pagar KPU Banggaiโ€ ujar bapak tersebut.

Bapak tersebut tidak mengenal siapa saja orang-tersebut, karena saking banyaknya massa di luar Pagar KPU yang terkesan sengaja memancing dan mengacaukan Pesta Demokrasi di Pilkada Kabupaten Banggai 2024.

Menurut Bapak tersebut โ€œSeharusnya Pihak KPU Banggai dan Pihak Keamanan (Kepolisian) sejak awal sudah mengantisipasi sejak awal untuk menghindari terjadinya gesekan antar massa pendukug dari ketiga Pasangan Calon (Paslon) , seperti Desain Penempatan Perwakilan Paslon yang dibatasi kurang lebih 75 orang, yang terbagi ikut bersama paslon sejumlah 25 orang dan yang 50 orang diluar didalam tenda yang diatur sama dengan Paslon lain, dengan posisi jauh dari Kandidat Masing-masing perwakilan malah sangat dekat dengan Massa diluar yang hanya dibatasi oleh tembok Pagar Kantor KPU Banggai, Kondisi itu Rawan menurut sayaโ€ Ungkap beliau.

“Terus maaf menurut Pengamatan kami tadi, Kurangnya Petugas KPU Banggai dan Petugas Keamanan pada penempatan Posisi-posisi personil tertentu untuk mengantisipasi hal-hal kecil yang bisa berpotensi terjadinya chaos antar Perwakilan atau relawan tim Paslon Masing-masing, juga kami perhatikan tadi nampak bahwa tirai penghalang yg di.pasang di belakang tenda untuk menutupi pandangan dari luar telah di buka oleh massa untuk meneriaki ke dalam halaman KPU tetapi pihak kpu membiarkan hal iti. Pintu Gerbang KPU itu tidak ditutup Saat Seluruh Perwakilan Paslon sudah masuk ke dalam, menurut kami itu juga kurang pas harusnya langsung ditutup, Makanya sempat Muncul dalam pikiran kami Pertanyaan sederhana kami, Sebenarnya ada apa dengan Pihak KPU dan Kepolisian Kok tidak mengantisipasi Hal tersebut sejak Awal,Kami Percaya Pihak KPU dan Kepolisian adalah Institusi Yang Siap Mengamankan Jalannya Hajatan Besar Pilkada di Kabupaten Banggai’ Kata Bapak tersebut dengan semangat.

“Menurut Kami jika Pihak Perwakilan Paslon dari Nomor Urut 1 (Satu) yang sempat sedikit terpancing itu hal yang wajar, karena setau kami itu terjadi karena adanya ulah dari PIHAK ke 3(Tiga) yang Kemungkinan besar sengaja mau mengacaukan Demokrasi di Kabupaten Banggai Namun Gagal tujuan oknum provokator tersebut” Kata Warga tersebut.

Alhamdulillah saat kejadian tersebut kita Apresiasi Juga Pihak Keamanan terutama dari Anggota Polres Banggai yang Langsung bergerak cepat dan mampu mengatasi kondisi tersebut untuk kembali Kondusif seperti semula dan Alhamdulilah Proses Hajatan KPU Tersebut Kembali Berjalan Normal dan Kondusif hingga Selesai kegiatan tersebut, Bravo Polres Banggai.

โ€œKami Berharap Kejadian tadi tidak terulang lagi dan dengan Kerendahan Hati kami sebagai masyarakat Kecil berharap agar KPU Banggai dan Polres Banggai bisa mengevaluasi apa yang sudah terjadi tadi, kami merasa senang atas himbauan Paslon Nomor Urut 1 Yang mengajak semua pihak termasuk Paslon Nomor Urut 2 dan Paslon Nomor urut 3 untuk sama-sama berpolitik santun dan riang gembira dengan tidak Saling menjatuhkan tetap jaga Daerah kita bersama, Sehingga Pesta Demokrasi di Kabupaten Banggai Bisa berjalan dengan Lancar, tertib, dan aman sesuai dengan Harapan Semua Masyarakat Agar tetap kondusif dan terkendali demi berjalannya Pesta Demokrasi Pilkada Banggai 2024″ Tutup Warga tersebut. (sms01)

Pos terkait