Sat Samapta Polres Banggai Kawal Napi Hadiri Pemakaman Orang Tua

MATA SMS, COM. Sat Samapata Polres Banggai turut membantu pengawalan yang dilakukan oleh pihak Lapas Kelas II B Luwuk terhadap Narapidana yang izin untuk menghadiri pemakaman orang tua.

Pengawalan itu dilakukan Aipda Amaludin bersama rekannya yang akan berlangsung di Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Rabu (18/9/2024).

โ€œAtas dasar permintaan bantuan dari Lapas Kelas II B Luwuk untuk mengawal dua orang narapidana yang izin menghadiri pemakaman orang tuanya,โ€ ungkap Kasat Samapta, AKP Jimyarto Anasim.

Kegiatan pengawalan itu pun diawali dengan keberangkatan dari Kantor Lapas Kelas II B Luwuk yang kemudian menuju berlangsungnya prosesi pemakaman dari rumah duka di Desa Bella, Nuhon.

โ€œPersonel dibekali dengan perlengkapan dan peralatan perorangan, guna memaksimalkan pengawalan yang dilakukan mulai dari awal hingga berakhirnya kegiatan tersebut,โ€ terang AKP Jimy.

โ€œSesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Cara Bertindak (CB) pengawalan Polri yang berlaku, dengan menjunjung tinggi HAM serta humanis namun tetap tegas dalam bertindak,โ€ lanjutnya.

Pengawalan itu pun berlangsung mulai dari pukul 08.00 Wita, yang mana saat ini prosesi pemakaman telah berakhir dan narapidana itu pun kembali ke Lapas Kelas II B Luwuk.

โ€œPengawalan dapat berjalan dengan lancar serta terpantau selama keberlangsungannya aman, tertib dan kondusif,โ€ pungkasnya.

Pos terkait