Ahmad Ali Jadi Harapan Masyarakat Lembo Morut untuk Perjuangkan Tanah Ulayat.

mataSMS.com- Masyarakat di Desa Wawopada, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara (Morut), menggantungkan harapan mereka kepada Ahmad Ali, agar bisa lebih sejahtera.

Harapan itu disampaikan dalam pertemuan bakal calon gubernur Sulawesi Tengah, Ahmad Ali dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pendeta di Desa Wawopada, Jumat 13 September 2024.

Dari persoalan rumah ibadah, pertanian hingga masalah tanah ulayat masyarakat adat setempat dikeluhkan. Mereka berharap Ahmad Ali bisa jadi solusi masalah yang ada jika terpilih sebagai gubernur.

“Kami sangat senang bisa bertemu langsung dengan pak Ahmad Ali, selama ini kami hanya sering lihat di televisi,” ujar Ketua Lembaga Adat Wawopada Raden Lius Rabundani.

Dia menyampaikan persoalan tanah ulayat masayarakat adat yang disebutnya diambil oleh pemerintah karena masuk dalan kawasan yang dilindungi.

Ia menyebut tanah ulayat yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan justru ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi oleh pemerintah.

Harapannya, pemerintah dapat menetapkan lokasi tanah ulayat yang dimaksud, agar masyarakat dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan bersama.

“Kami yakin pak Ahmad Ali akan terpilih sebagai gubernur, ingat kami pak, bantu kami selesaikan masalah kami,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Ahmad Ali memastikan ia akan lebih mementingkan kebutuhan masyarakat dibandingkan hal lain, termasuk ketika masyarakat diperhadapkan dengan persoalan lahan, dia pastikan akan memihak pada kepentingan masyarakat.

“Jangankan tanah ulayat untuk desa, kalau masyarakat diperhadapkan dengan masalah tidak punya lahan, maka saya pastikan saya akan mengutamakan masyarakat,” katanya.

Bukan cuma itu, Ahmad Ali juga mengaku akan memperjuangkan hak-hak masyarakat keadatan, termasuk tanah adat. Bagi dia, masyarakat adat harus mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Pada kesempatan itu, Ahmad Ali juga menyerahkan bantuan kepada panitia HUT PPRJ Klasis Beteleme. ***

Pos terkait