Ahmad Ali, Calon Gubernur Sulteng Paling Berpengaruh di Pentas Politik Nasional

mataSMS.com Kontestasi pemilihan gubernur di Sulawesi Tengah (Sulteng) hampir bisa dipastikan bakal diikuti oleh tiga pasang calon, hanya menunggu penetapan oleh KPU Sulteng saja. Tiga pasang bakal calon gubernur, Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri, Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto Hambuako dan Anwar Hafid-Renny Lamadjido telah sah mendaftar, mereka juga telah melakukan tes kesehatan.

Dari tiga kandidat bakal calon gubernur itu, nama Ahmad Ali disebut-sebut paling kuat. Selain didukung oleh banyak partai, tokoh-tokoh sentral di Sulawesi Tengah juga kompak memberikan dukungan kepada pria kelahiran Wosu, Morowali, Sulawesi Tengah 16 Mei 1969 tersebut.

Ada nama Longki Djanggola, mantan gubernur Sulteng dua periode. Kemudian Hidayat Lamakarate mantan sekretaris provinsi (Sekprov) dan calon gubernur pada 2020, Mulhanan Tombolotutu mantan wakil wali kota Palu dua periode era Rusdy Mastura, Arus Abdul Karim hingga sejumlah tokoh agama terkemuka sudah menyampaikan dukungannya untuk ikut memenangkan Ahmad Ali pada Pilkada Sulteng.

Bahkan, penceramah kondang Ustaz Abdul Somad juga menyampaikan dukungan kepada Ahmad Ali.

“Saya dalam Pilkada ini mendukung gubernur cuma dua, yang pertama di kampung saya, yang kedua pak Ahmad Ali. Tidak ada kasih dukungan yang lain,” ungkap UAS baru-baru ini.

Tokoh gereja sekaligus deklarator perdamaian Poso Pendeta Rinaldy Damanik beberapa waktu lalu juga menyatakan dukungannya untuk Ahmad Ali.

Bukan tanpa alasan, banyaknya dukungan partai dan tokoh-tokoh terkemuka itu didapatkan karena adanya kepercayaan terhadap sosok Ahmad Ali untuk bisa membangun Sulawesi Tengah, serta menyelarasakan antara program pemerintah pusat dan daerah.

Selain itu, Ahmad Ali yang selama ini dikenal “royal” dalam urusan sosial dan keagamaan diyakini dapat menjalankan lebih banyak program untuk kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah.

“Ahmad Ali ini akan jadi harapan baru bagi kita semua. Saya mendukung Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur, saya akan jadi penyambung aspirasi kalian (masyarakat) untuk menyampaikan keluhan kepada gubernur jika mereka terpilih nantinya,” kata Hidayat Lamakarate saat manyampaikan sambutan dalam acara Konser Beramal di Kelurahan Kayumalue Pajeko, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu pada Agustus lalu.

Ahmad Ali punya relasi yang sangat luas. Bisa dibilang, dia merupakan politisi paling mentereng di Sulawesi Tengah, kariernya di pentas politik nasional sudah terbukti. Namanya di kancah nasional tidak perlu diragukan.

Belum ada politisi di Sulteng yang menjabat sebagai wakil ketua umum di salah satu partai besar selain Ahmad Ali. Dia juga pernah ditunjuk sebagai pelatih kepala tim nasional pemenangan pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskanda (AMIN) pada Pilpres 2024.

Hingga saat ini, Ahmad Ali juga masih menjabat sebagai Anggota DPR RI sejak 2014 silam.

Bermodalkan itu, Ahmad Ali diyakini bisa membangun Sulawesi Tengah jauh lebih baik, karena bakal didukung oleh pemerintah pusat. Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri diyakini bisa dengan mudaah mendapatkan dukungan finansial pemerintah pusat untuk kebutuhan daerah, karena mereka punya kedekatan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. ***

Pos terkait