Kita Jadikan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk Perkuat Komitmen dan Integritas TNI bagi Eksistensi NKRI


“MATASMS,COM. JAKARTA. Marilah kita jadikan momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai tonggak baru dalam memperkuat komitmen dan integritas kita untuk menjadi prajurit dan PNS TNI yang siap mendukung pembangunan nasional dan kehadiran bermanfaat bagi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia” demikian ditegaskan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin, saat memimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Makoopsud I. (Sabtu, 17-08-2024).

Pelaksanaan Upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus tahun 2024 ini sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengusung tema โ€œNusantara Baru, Indonesia Maju.โ€

Lebih lanjut dalam amanatnya Panglima TNI menjelaskan bahwa peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang pendiri Republik ini, yaitu para pahlawan kusuma bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga. “Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan, serta melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur” ujar Panglima TNI.

Menutup sambutannya Panglima TNI menekankan berkaitan dengan tahun politik 2024 yang sebentar lagi akan digelar yaitu Pilkada Serentak, “TNI berkomitmen penuh untuk menjaga netralitasnya. Selain itu, lakukan koordinasi dan komunikasi yang intens guna menguatkan sinergitas TNI dengan Polri dan komponen bangsa lainnya, dalam rangka menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman dan lancar. Kemudian terkait kerawanan bencana alam, yang bisa datang kapan saja dan tanpa peringatan seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor. Untuk itu, mari kita pertahankan dan tingkatkan kesiapsiagaan kita untuk dapat bergerak dengan cepat membantu rakyat ketika terjadi bencana” tutup Panglima TNI.

Sebelumnya Pangkoops Udara I menghadiri AKRS (Apel Kehormatan Renungan Suci) pada waktu dini hari (Sabtu, 17/8) yang dipimpin oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Maruf Amin, bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Hadir dalam upacara tersebut, Kaskoopsud I Marsma TNI Prasetiya Halim, S.H., Irkoopsud I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han., Para Pejabat Utama Koopsud I beserta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I.

Autentikasi : Pen Koopsud I

Pos terkait