Patroli Kring Serse Polres Banggai, Upaya Preventif Polri Cegah Kriminalitas

MATASMS, COM. BANGGAI. Tim Jatanras Satreskrim Polres Banggai aktif melaksanakan kegiatan patroli Kring Serse guna mengantisipasi tindak kriminalitas di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Minggu (4/8/2024).

Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Tio Tondy mengungkapkan, patroli Kring Serse merupakan bentuk Preventif Reserse Kriminal untuk memberikan edukasi terkait tindakan antisipasi juga pengarahan pada seluruh masyarakat agar terhindar dari tindakan melawan hukum.

โ€œTujuan patroli Kring Serse sebagai upaya meminimalisir terjadinya tindak kejahatan guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif,โ€ ungkapnya.

Ia menjelaskan, penindakan dalam patroli Kring Serse tersebut memang tidak berujung pada penindakan pidana, melainkan ada tindakan-tindakan yang harus lebih didahulukan dengan tujuan memberi efek jera.

โ€œUntuk patroli ini anggotanya menggunakan pakaian preman. Jadi tugas mereka, mewaspadai kejahatan-kejahatan pada jam-jam rawan,โ€ jelasnya.

Perwira pangkat tiga balak ini berharap, masyarakat terus bersinergi dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

โ€œKami harap masyarakat dapat sesegera mungkin melaporkan kepada pihak berwajib jika ada permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungannya, agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan tanpa menimbulkan konflik,โ€ pungkasnya.

Pos terkait