Gubernur Sulteng lakukan peletakan Batu Pertama pembangunan SMKS GKST 1 Tentena

SMS Tentena

MATASMS, COM. Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, didampingi oleh Bupati Poso yang diwakili Asisten Administrasi Umum dan Keuangan Rudy Ricardo Rompas, SH, MH, melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMKS GKST 1 Tentena pada Kamis, 1 Agustus 2024. Pembangunan sekolah ini merupakan bantuan DAK Swakelola.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dan masyarakat Kabupaten Poso, khususnya masyarakat Kecamatan Pamona Puselemba, yang selalu mendukung program pemerintah pusat dan provinsi untuk memajukan daerah ini agar lebih mandiri, sejahtera, dan berdaya saing.

Gubernur menyatakan bahwa salah satu upaya memajukan dan mensejahterakan masyarakat Sulawesi Tengah adalah dengan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, seperti yang dilakukan saat ini dengan rehabilitasi dan pembangunan sekolah kejuruan pertanian SMKS GKST 1 Tentena. Gubernur juga menambahkan bahwa sekolah tersebut akan mendukung program peningkatan SDM di bidang pertanian di Kabupaten Poso, yang masih menjadi sektor unggulan selain sektor pariwisata dan perikanan.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum dan Keuangan Setdakab Poso, Bupati Poso mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dan bekerja sama dalam memajukan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. โ€œMari kita terus bersinergi dan bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam memajukan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa,โ€ ujarnya.

Bupati Verna menjelaskan bahwa pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan suatu daerah. โ€œDengan adanya bantuan ini, kami berharap dapat memperbaiki dan meningkatkan fasilitas pendidikan di SMKS GKST 1 Tentena, sehingga siswa-siswa kita dapat belajar dalam lingkungan yang lebih baik dan lebih kondusif. Peningkatan kualitas pendidikan juga akan berdampak pada peningkatan kualitas generasi penerus bangsa yang akan siap menghadapi tantangan di masa depan,โ€ terangnya.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati juga menjelaskan bahwa Peraturan Presiden melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah menetapkan swakelola tipe IV sebagai sistem yang direncanakan oleh perangkat daerah berdasarkan usulan kelompok masyarakat dan dilaksanakan serta diawasi oleh kelompok masyarakat pelaksana swakelola. โ€œOleh karena itu, keberadaan DAK swakelola ini memberikan peluang besar bagi masyarakat, terutama dalam hal pemberdayaan dan pengelolaan secara langsung. Dengan adanya sistem swakelola, kita memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pembangunan, memastikan bahwa setiap tahapannya sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat lokal,โ€ jelasnya.

Acara peletakan batu pertama ini juga diwarnai dengan tari penyambutan dan tari Torompio yang disuguhkan oleh para siswa SMKS GKST 1 Tentena, yang mendapat sambutan meriah dari rombongan Gubernur. Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulteng Dr. Ir. Christina Shandra Tobondo, MT, Kadis PUPR Dr. Ir. Faidul Keteng, S.T., M.Si., M.T, Kadis Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Sulawesi Tengah, Kadis Pariwisata, serta beberapa pejabat tinggi Provinsi Sulawesi Tengah lainnya.

IBE SMS Poso

Pos terkait