Kadis Pendidikan Poso buka Bimbingan Teknis ASN Ber ahlak

MATASMS,COM. Wewakili Bupati Poso dr. Verna GM Inkiriwang, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Dedriawan Talingkau, SSTP membuka resmi Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ASN Berakhlak yang dilaksanakan di Ballroom Danau Poso Hotel Ancyra, Senin, 29 Juli 2024.

โ€œReformasi birokrasi merupakan upaya untuk melanjutkan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut mental aparatur, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, SDM aparatur, peraturan perundang-undangan, dan pelayanan publik,โ€ kata Kadis membacakan sambutan tertulis Bupati Poso.

Tujuan dari pelaksanaan reformasi birokrasi adalah untuk mewujudkan kinerja birokrasi pemerintahan pusat hingga daerah agar menjadi lebih efektif dan efisien. Pendekatan yang sistematis diambil untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik, menjadikan aparatur negara bersih, profesional, bertanggung jawab, dan mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, tambahnya.

Menurut Bupati Verna, ASN sebagai bagian dari birokrasi mempunyai tugas dan kewajiban dalam pelayanan publik, serta membentuk karakter ASN yang profesional. Dalam melaksanakan pelayanan publik, ASN harus memiliki nilai-nilai inti yang sama untuk memperkuat budaya kerja, dengan mengimplementasikan core value (nilai dasar) ASN berakhlak dan employer branding ASN bangga melayani bangsa melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2021, Tanggal 26 Agustus 2021.

Selain itu, Bupati Verna juga menjelaskan bahwa ASN dituntut cepat dalam memberikan pelayanan di tengah era disrupsi. Akselerasi kompetensi digital ASN dilakukan untuk merespon tantangan tersebut. โ€œHal utama yang perlu dan wajib dilakukan adalah menggalakkan budaya literasi teknologi pada ASN, antara lain literasi digital dan literasi data,โ€ terang Bupati Verna.

Kompetensi literasi digital adalah kemampuan dalam penggunaan teknologi digital dan teknologi informasi lainnya yang digunakan dalam penyelesaian pekerjaan. Sedangkan kompetensi literasi data adalah mengetahui potensi data yang melimpah dan penggunaan big data dalam pengambilan kebijakan yang tepat sasaran dan pelayanan publik yang berkualitas. Peningkatan kompetensi tersebut dapat membangun pola pikir ASN yang komprehensif, holistik, dan sistematis melalui penguasaan teknologi. Sehingga ASN memiliki integritas yang tinggi dan profesional dalam pelayanan, jelasnya.

Di sisi lain, Bupati Poso juga menjelaskan bahwa kemajuan dunia pendidikan di Indonesia sangat ditentukan oleh kontribusi tenaga pendidik. Proses pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik akan mampu menghasilkan generasi penerus bangsa dengan kualitas, kapasitas, dan kapabilitas keilmuan yang paripurna, didukung keimanan dan ketakwaan yang tinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa.

โ€œKegiatan bimbingan teknis ini sangat tepat dan strategis dilaksanakan dengan tujuan penguatan sumber daya manusia tenaga pendidikan Kabupaten Poso dalam mendukung program unggulan pemerintah daerah, khususnya pilar Poso Pintar,โ€ pungkasnya.

Bupati Verna juga mengharapkan para pengawas dan kepala sekolah sebagai peserta dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan pelaksanaan tugas sebagai leader tenaga pendidik, sekaligus memberikan supervisi di tengah tuntutan kualitas hasil pendidikan yang semakin kompleks. โ€œUntuk itu, saya berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara serius sehingga nantinya dapat mengimplementasikan dalam tugas dan tanggung jawab di sekolah masing-masing,โ€ tutupnya.

IBE.SMS. Poso

Pos terkait